Tips Ngeblog ala Aa Gym

Lho, Aa Gym? Apa itu artinya sang Aa sudah bergabung dengan para seleb lainnya yang ikutan ngeblog? Ah, bukan, bukan. Saya hanya ingin menafsirkan ulang petuah 3M-nya yang terkenal itu. Setelah dipikir-pikir lagi, rupanya 3M bisa relevan juga dipakai sebagai pendorong para calon blogger untuk semangat memulai ngeblog.

  • Mulai dari diri sendiri. Merasa malas ngeblog karena kita hanya siswa atau pekerja kantoran, dan bukannya wartawan/bekas menteri/artis? Keutamaan yang paling dihargai dalam dunia blog adalah keunikan menjadi diri sendiri. Tidak perlu menyalin tulisan dari situs berita atau blog orang lain untuk mulai ngeblog, karena sebenarnya banyak dari diri kita yang sangat menarik untuk diceritakan ke banyak orang, meskipun seringkali kita nggak menyadari itu. Ceritakanlah apa yang anda alami, pikirkan, dan rasakan dengan tulus dan jujur. Itulah esensi yang sebenarnya dari blog.
  • Mulai dari hal yang kecil. Nggak usah ciut hati duluan melihat blogger-blogger senior bisa dengan piawai mengupas masalah politik, ekonomi, atau sosial budaya. Kita bisa mulai ngeblog dari hal-hal kecil yang ada di lingkungan sekitar kita. Apa yang bagi kita kedengarannya remeh dan sudah-biasa, bagi orang lain justru bisa sangat menarik dan bermanfaat. Dunia blog Indonesia itu sangat luas (tahun kemarin dicatat paling tidak ada 130.000 blogger dari 20 juta pemakai internet), jadi jangan takut untuk menceritakan apapun; pasti ada orang lain yang tertarik dengannya di luar sana.
  • Mulai dari sekarang. Sudah jelas kan? Dengan semakin murahnya biaya berinternet (termasuk ke warnet) serta maraknya hosting blog gratisan, ngeblog sudah tidak lagi membutuhkan investasi waktu, tenaga, dan biaya yang besar. Karena itu, nggak ada alasan untuk nggak memulai ngeblog dari sekarang!😉

[Comot satu ide lagi secara acak…]

Satu Tanggapan

  1. coba cari ide deh dengan ebook ini http://www.ide-kreatif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: