Random Act of Kindness

Hah? Maksudnya? Random Act of Kindness (RAoK) dapat diartikan sebagai “Perbuatan baik yang dilakukan secara spontan.” Di luar negeri, gerakan ini muncul dari keprihatinan akan semakin cueknya manusia dalam hubungannya dengan sesama. Beberapa orang kemudian berinisiatif untuk melakukan RAoK kepada siapapun yang mereka temui dalam kegiatan sehari-hari dan menyebarluaskan paham ini ke sebanyak mungkin orang. Wujudnya bisa bermacam-macam, misalnya membelikan secangkir minuman bagi orang yang antri di belakang anda di sebuah kedai. Familiar dengan konsep ini? Ya, gerakan RAoK ini memang telah menjadi ilham bagi film “Pay It Forward” yang sangat terkenal itu.

Anda bisa mencoba menerapkan RAoK ini dalam kegiatan sehari-hari, kemudian menceritakan pengalaman anda serta apa yang anda refleksikan dan rasakan setelahnya. Tentu bukan dengan maksud untuk jumawa; Tulisan anda malah bisa menjadi inspirasi bagi orang lain:

  • Bahwa masih ada orang yang baik dengan tulus di Indonesia ini
  • Melakukan perbuatan baik bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, terhadap siapa saja
  • Tak perlu kaya dulu atau butuh biaya, waktu, dan tenaga yang besar untuk berbuat baik terhadap sesama.

Lalu apa yang bisa anda lakukan? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengucapkan terima kasih pada orang-orang yang selama ini kita ‘lupakan’: Petugas loket tol, tukang parkir, kasir atau pelayan toko, dan masih banyak orang lain yang pelayanannya kita rasakan namun tak pernah kita ucapi terima kasih. Banyak sumber di Internet yang bisa membantu atau mendukung anda (hasil pencarian Google untuk “random act of kindness” ). Jadi tunggu apa lagi?

[Comot satu ide lagi secara acak… ]

Satu Tanggapan

  1. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: