Tak Ada Habisnya Ngomongin Hobi

Anda punya hobi atau kegiatan khusus yang suka anda lakukan di waktu senggang? Menceritakan segala aspek mengenai hobi merupakan suatu topik yang niscaya tidak ada habis-habisnya untuk dibicarakan di blog anda. Saking banyaknya yang bisa ditulis, banyak orang sampai membuat satu blog sendiri yang khusus membahas mengenai hobinya; Blog semacam ini biasanya disebut sebagai blog niche dan berpotensi lebih tinggi untuk ‘diuangkan’ (dengan memasang adsense, misalnya) dibandingkan blog-blog yang bersifat pribadi atau umum.

“Tapi apa yang bisa diceritakan dari hobi saya? Lagipula hobi saya nggak terlalu istimewa tuh…”

Tidak usah terlalu berpikir mengenai unik-tidaknya hobi anda. Bagi orang yang tidak mendalami hobi itu, cerita-cerita anda pastilah menarik, bahkan mungkin bisa sangat informatif dan mengundang orang untuk ikut menekuninya. Tak perlu minder kalau hobi anda ‘hanya’ mengumpulkan pernak-pernik berbentuk babi atau mengoleksi sepatu seperti Imelda Marcos; Kami-kami ini yang tidak melakukannya pasti penasaran ingin tahu:

  • Kenapa anda sampai menekuni hobi tersebut? Apa sejarah awal mulanya?
  • Usaha atau perjuangan apa saja yang anda lakukan untuk mempertahankan atau mengembangkan hobi itu? Berapa banyak waktu, tenaga, dan biaya yang anda habiskan?
  • Pernah mengalami kejadian lucu, menyentuh, memalukan, atau ‘mengenaskan’ karena hobi anda?
  • Jangan lupa: Fotolah hasil/bentuk nyata dari hobi anda dan tampilkanlah di blog!

Kalau saat ini anda merasa tidak punya suatu hobi atau kegemaran khusus yang bisa diceritakan, anda bisa menceritakan mengenai hobi saat anda masih kecil dan suka ikut-ikutan apa yang lagi populer di antara teman-teman sebaya anda. Meminta teman mengisi diary dengan biodata mereka? Mengoleksi kertas surat? Atau anda punya hobi yang lebih ‘tidak masuk akal’ (saya sendiri waktu kecil mengoleksi tutup botol bekas dan karcis tol)?

[Comot satu ide lagi secara acak… ]

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: