Panjang Tulisan yang Ideal untuk Blog

Blog anda tidak pernah dikomentari oleh pembaca, bahkan pada tulisan-tulisan yang menurut anda sangat menarik dan ‘mengundang’? Atau mereka mungkin berkomentar, tapi kebanyakan di antaranya berkomentar tidak nyambung atau salah memahami maksud anda? Ada banyak faktor yang berperan, dan salah satunya mungkin karena tulisan anda terlalu panjang dan padat.

Berbeda dengan membaca buku atau koran, lebih banyak orang yang matanya tidak tahan berlama-lama membaca teks di layar komputer, apalagi teks dalam paragraf yang padat dengan huruf yang kecil-kecil. Hal ini menyebabkan mereka cenderung menghadapi teks yang relatif panjang dan padat dengan membaca sepintas lalu, sepotong-sepotong, atau dari awal langsung ke akhir di mana biasanya terdapat kesimpulan tulisan.

Lalu seberapa sebenarnya panjang tulisan yang ideal untuk blog? Tidak ada satu aturan baku, dan panjang yang ideal untuk satu jenis blog bisa berbeda dengan panjang ideal untuk jenis blog lainnya. Tapi kalau saya harus menyebut satu angka, itu adalah sekitar 300-700 kata per entri blog.

Kalau tidak percaya dengan perkiraan saya, anda bisa mencoba mengira-ngira sendiri dengan mengambil posisi sebagai pembaca blog. Tanyakan pada diri anda: Sebagai seorang pembaca, blog mana yang menurut saya panjang tulisannya pas? Mana yang terlalu berlebihan sehingga saya hanya membacanya sekilas saja? Amati blog-blog itu dan buat rata-rata panjang tulisan mereka untuk anda contoh (atau hindari) kemudian.

[Comot satu ide lagi secara acak…]

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: