Jurus Jitu Merancang Judul Post yang Menarik Perhatian

Dibaca atau tidaknya blog anda oleh orang seringkali tergantung dari seberapa tertariknya perhatian mereka akan judul-judul post dalam blog anda. Apa yang membuat sebuah judul memantik rasa penasaran mereka untuk membaca penuh isinya? Setidaknya ada dua cara yang bisa anda gunakan untuk merancang sebuah judul yang menarik.

Informatif. Judul “Sebel!” atau “WordPress Baru” mungkin memberi gambaran yang tidak terlalu jelas bagi pembaca blog mengenai tulisan anda. Lain halnya kalau anda memberi judul cerita yang sama dengan “Akibat Tidak Pakai Baju Saat Naik Sepeda Motor” atau “Review Fitur-Fitur Terbaru WordPress 2.9”. Anda lebih mudah menarik pembaca karena judul anda membuat pembaca tahu apa yang akan mereka dapatkan dari tulisan anda.

‘Mengundang’. Lihatlah iklan-iklan di sekitar anda untuk mempelajari bagaimana bahasa iklan bisa menarik perhatian anda dengan hanya dua-tiga kata saja. Hindari kata-kata yang hambar dan kering muatan emosional. Saya, misalnya, menggunakan frase “Jurus Jitu…” yang lebih ‘wah’ dan berkesan kuat (karena jitu!) ketimbang memberi judul yang ‘lemah’ seperti “Tips dan Trik untuk…”. Pancing emosi pembaca dengan judul anda.

Kedua metode di atas bisa pula anda padu-padankan untuk mendapat efek yang lebih maksimum. Hanya saja, patut pula diperhatikan agar jangan sampai judul tulisan anda begitu bombastisnya sampai-sampai pembaca merasa tertipu karena tulisan anda tidak ‘sehebat’ yang mereka harapkan dari judulnya. Judul yang sensasional mungkin bisa menarik banyak pembaca dalam waktu yang singkat, tapi tidak akan menciptakan pelanggan yang setia dalam jangka panjang.

[Comot satu ide lagi secara acak…]

5 Tanggapan

  1. Artikelnya bagus kata-katanya juga menarik mudah di cerna, Trims ya infonya saya tunggu artikel selanjutnya, O..iya Teman saya lagi ikut lomba Speedy Blogging Competition 2008, dimana criteria penilaiannya blog adalah harus banyak pengunjung, posting dan komentar. Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya, hari ini saya sudah posting artikel tolong komentarnya ya dan kalau bisa komentarnya harus berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya blog saya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak.

  2. Great tips!

  3. […] Membuat Judul ala Ndorokakung Kalau dulu saya menyebutkan setidaknya ada dua pendekatan dalam membuat judul yang menarik perhatian, begawan blogger Ndoro Kakung menyebutkan tujuh cara ‘memancing’ pembaca lewat judul […]

  4. hmm.. ide menarik untuk membuat bLog.
    1. buat Lain daripada yang Lain. Tuangkan kreatifitasmu dan buat sesuai pemikiranmu.
    2. Yang dapat mengundang, meyakinkan, dan memnggugah orang untuk melanjutkan membacanya.
    3. Isinya, tampiLannya harus keren.
    4. JuduL juga sangat menentukan, karena dalam blog pertama kali di lihat biasanya JuduL. Jadi, jika juduL menarik, orang akan menjadi penasaran untuk membacanya.

    Thank’s !

  5. kadang saya masih bingung tentuin judul, mungkin kalo ada pengertian apa itu judul lebih gampang. Bisa bantu artikan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: