7 Tips Ngeblog dari David Ogilvy

Anda tahu David Ogilvy? Dia adalah pendiri Ogilvy and Mather, salah satu perusahaan periklanan paling tenar sedunia. Orangnya sudah meninggal hampir 10 tahun yang lalu (ketika blog belum ada), namun menurut Blog Herald, prinsip-prinsip periklanannya sangat bisa diaplikasikan dalam ngeblog. Apa saja itu?

  1. Perhatikan judul tulisan, karena ini yang akan pertama dilihat pembaca. Judul yang baik dapat menarik pembaca, memberikan informasi cukup, dan singkat. Tidak mudah memang membuatnya.
  2. Subjudul juga sangat penting. Ia bisa membuat tulisan yang panjang terlihat lebih pendek, memberi jeda istirahat bagi pembaca, dan memperbesar kemungkinan tulisan anda dibaca sampai selesai.
  3. Masukkan caption untuk setiap foto/gambar yang anda sertakan. Caption malah cenderung lebih banyak dibaca dibandingkan tulisan utamanya sendiri, jadi perlakukan caption sebagai sesuatu yang penting.
  4. Tentukan siapa target pembaca tulisan anda, dan menulislah dengan kata-kata, bahasa, dan gaya penulisan yang familiar dengan mereka.
  5. Menulislah dengan ringkas dan to the point. Kalau apa yang ingin anda sampaikan cuma sedikit, tidak perlu memaksakan diri dan menambahkan hal-hal yang tidak penting untuk membuatnya terlihat banyak.
  6. Akhiri tulisan anda dengan mengajak pembaca berbuat sesuatu, contohnya seperti memberi pertanyaan yang bisa mereka jawab atau hanya sekedar meminta komentar dan tanggapan pembaca atas tulisan anda.
  7. Tulislah sesuatu yang informatif. Bahkan ketika anda curhat, marah-marah, atau menceritakan diri sendiri, buatlah agar pembaca merasa telah mendapatkan sesuatu yang berharga dari membaca tulisan anda.

Sumber: 7 Blogging Tips from David Ogilvy – Blog Herald

[Comot satu ide lagi secara acak…]

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: