Gerakan Sosial via Blog

Blog merupakan alternatif yang sangat efektif dalam bertukar informasi. Berbeda dengan mailing list, chatting, atau jejaring sosial (Friendster atau Facebook) yang sifatnya lebih terbatas pada orang-orang yang kita kenal, blog (yang tidak dikunci dengan password) sifatnya lebih terbuka; orang asing yang belum kenal anda pun bisa ikut membaca dan, kalau tertarik, ikut menyebarluaskannya.

Karena itulah, orang-orang yang punya kepedulian terhadap masalah sosial tertentu kerap menggunakan media blog untuk menggalang kepedulian sosial. Beberapa contoh di antaranya:

Jangan Asal Copy-Paste

Gerakan Kumpul 1000 Buku

Blog Action Day: Poverty

Coin A Chance

Dengan sifatnya yang terbuka dan egaliter (semua blogger punya kesempatan yang sama), andapun bisa juga menciptakan gerakan sosial yang (mudah-mudahan) menyadarkan para pembaca anda, menyebar ke blog dan media lain, dan akhirnya menghasilkan perubahan yang anda inginkan. Lebih bagus lagi kalau anda bisa membuat banner (gambar kecil) sederhana yang melambangkan gerakan anda, sehingga blogger-blogger lain bisa mengkopi gambar itu dan meletakkannya di blog mereka masing-masing berikut tautan ke blog anda.

Merasa belum pede untuk mengibarkan sebuah gerakan sosial? Anda bisa juga menyebarkan gerakan sosial yang sudah ada dan (kalau bisa) masih berlangsung. Jangan buru-buru merasa apa yang anda lakukan akan sia-sia karena blog anda tidak bagus atau pembaca blog anda belum banyak; setiap penyebaran pesan yang bermanfaat bagi masyarakat via blog, sekecil apapun, pasti akan berguna.😉

[Comot satu ide lagi secara acak…]

There are no comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: